Halaman

SELAMAT DATANG!!!!!!!!!!!

  • Awal dari sebuah perubahan

Selasa, 06 Maret 2012

ADMINISTRASI PENDIDIKAN NASIBMU KINI



Memasuki awal tahun 2012 yang semakin membuat usia jurusan AP semakin tua dan selalu melahirkan semangat-semangat pembaharu di bidang pendidikan yang sampai hari ini dan entah kapan belum memiliki satu kursi di birokrasi (layaknya legislator)yang legal. Apa yang salah?. Siapa yang salah?.atau ini nasib atau takdir?.
Sangat diakui bahwasanya butuh waktu untuk suatu perubahan, tapi apakah waktu akan terus menjadi momok yang menjadi suatu apology. Harapan besar bagi kita semua untuk berjuang bersama dan tidak mementingkan ego masing-masing layaknya perahu marilah kita bersama mendayung untuk satu tujuan.
Ada satu perjuagan yang bisa kita tempuh dan sepatutnya harus kita perjuangkan. Satu wilayah kecil yang mungkin dianggap sebagai wilayah yang tidak layak atau rendah dalam pemikiran apabila mendengar wilayah tersebut, wilayah itu adalah tenaga administrasi sekolah yang telah ditetapkan dalam permen 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi sekolah. Akan tetapi ini cukup memperihatinkan karena dalam permen tersebut tidak menyebutkan secara tegas tentang kualifikasi yang dimiliki bahwasanya seorang TAS adalah lulusan Administrasi Pendidikan, melainkan minimal lulusan SMK dan program studi yang relevan Dan juga memiliki sertifikat TAS (bukan AKTA Mengajar).
Terlalu banyak racun dalam pemikiran keluaran AP yang muluk-muluk dan penuh fantasy, yang dibutuhkan adalah satu kursi, satu tempat, satu wadah yang jelas. Bukannya menyerah atau mindset seorang keluaran AP adalah PNS akan tetapi ini adalah suatu tujuan yang jelas.
Banyak fakta yang semakin menguatkan ketidakjelasan ini.tanya mereka yang sedang berjuang diluar sana dengan membawa selembar ijazahnya(selain factor x atau Luckyx)>>>>>>>>>>>>>>>>
Apakh kita akan selalu ada dalam kondisi yang seakan nyaman yaitu ketidakjelasan. Selama ± 4 tahun bergelut dengan ilmu manajemen/administrasi pendidikan yang pengaplikasiannya tidak jelas, sekali lagi ini bukan kalimat putus asa tapi ini hanya satu sentilan untuk memperjelas ketidakjelasan.
Menjadi seorang enterpreunership, konsultan pendidikan, membuka lembaga pendidikan formal dan Non formal, TAS,…………………….ini adalah arah administrator pendidikan. Tapi adakah yang jelas dan mampu menampung keluaran AP secara kompetisi atau itu tergantung LUCKY seperti yang telah disebutkan diatas.
Dan perlu disadari juga bahwa untuk memperjuangkan ini kita juga harus memperkuat kekuatan dalam hal kompetensi sehingga kita memang pantas.
Semoga dengan ini mampu membangkitkan kembali semangat perubahan yang akan selau kita pikirkan dan lakukan guna mencapai yang kita harapkan yaitu memperjelas ketidakjelasan.

Tidak ada komentar: